Ketua TP PKK Kaltim Apresiasi Pelaku UMKM Berau

banner 120x600

JURNAL KALTIMTARA.com-TANJUNG REDEB, Ketua TP PKK Kaltim, Yulia Zubir Akmal Malik melakukan kunjungan ke Kabupaten Berau, Sabtu (16/12). Didampinggi Ketua TP PKK Berau Sri Aslinda Gamalis, ia berkunjung ke sejumlah pelaku UMKM. Ia pun memberikan apresiasi atas kreatifitasnya dan kemauan pelaku UMKM dalam menghasilkan produk asli Berau. Sekaligus menumbuhkan sumber-sumber perekonomian bagi masyarakat sekitar.

Yulia mengatakan dari hasil kunjungan ini terlihat bahwa peluang usaha dapat dimunculkan seiring dengan kemauan. Seperti dalam kunjungan ke Putri Maluang Batik. Usaha tersebut muncul pada saat pandemi covid-19 melanda beberapa tahun lalu. Sekelompok ibu rumah tangga memulai untuk menghasilkan karya batik khas Berau. Dari kemauan ini hasilnya pun terlihat positif. Produk tersebut diminati hingga akhirnya bisa memproduksi dalam skala besar.

“Saya cukup kaget juga dengar ceritanya tadi. Mereka melihat peluang di tengah pandemi. Dengan kreativitas hingga menghasilkan produk berkualitas. Ini perlu ditiru. Asalkan data kemauan pasti kita bisa,” jelasnya.

Hal yang sama juga terlihat saat berkunjung ke gerai PKL Basuli di Sambaliung. Produk yang dihasilkan di sana menjadi buah tangan bagi para wisatawan. Kualitasnya juga cukup bagus. Ia pun memberikan apresiasi atas kreativitas pelaku UMKM di sana.

“Di sini saya lihat sudah sangat bagus. Saya juga sempat mencicipi beberapa jajanan. Dan rasanya sangat enak. Mungkin tinggal dibenahi sedikit saja seperti tanggal kadaluarsa, sertifikasi halal. Dan kalau tahap selanjutnya atau skala besar bisa dilengkapi BPOM, ujarnya.

Ia menegaskan bahwa TP PKK terus mendorong masyarakat untuk selalu berkreasi. Melihat peluang yang ada untuk dimaksimalkan. “Kita selalu memberikan dukungan dalam pengembangan UMKM ini. Promosi produk kita lakukan, termasuk memberikan peluang bagi mereka untuk mengikuti berbagai pameran. Kita berharap sektor ini bisa berkembang pesat hingga akhirnya roda perekonomian bisa berjalan lancar,” pungkasnya.
(Prokopim)

[ Surya ]

.. Oplus_131072[/caption]image-1954" src="http://jurnalkaltimtara.com/wp-content/uploads/2024/03/FB_IMG_1710296677631.jpg" alt="" width="720" height="720" />..
Oplus_131072
Oplus_131072
Oplus_0