Optimalisasi Program Kampung Ramah Perempuan Dan Peduli Anak

banner 120x600

JURNAL KALTIMTARA.com-Tanjung Redeb – DPPKBP3A Gelar Sosialisasi Strategi Pengarusutamaan Gender melalu Program Kampung Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) pada Kamis (01/2/2024) di Balai Mufakat. Dengan narasumber Asisten Deputi PUG Bidang Politik dan Hukum Kemen PPPA RI, Ilham Firman.

Tujuan kegiatan ini adalah menjadikan kampung yang mengintegrasikan persepektit gender dan anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintah Kelurahan/kampung, pembangunan kampung, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat kampung, seperti disampaikan Kepala DPPKBP3A, Rabiatul Islamiah. “Kegiatan ini di lakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan, sesuai dengan visi pemerintah daerah Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Pengembangan KRPPA akan dilaksanakan secara bertahap, dan disesuaikan dengan potensi Kelurahan/kampung. kondisi kewilayahan, sosial, budaya, politik, dan prioritas program desa/kampung kelurahan. adalah melengkapi 10 indikator yaitu Indikator Kelembagaan dan indikator Subtansi, adapun indikator Kelembagaan terdiri dari atas 4 indikator sedangkan indikator subtansi terdiri atas 6 indikator.

Sementara itu, Bupati Berau, menyampaikan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Rusnan Hefni, menyambut baik terlaksananya kegiatan ini. Selain sebagai ajang edukasi ia juga menunaikan amanat undang-undang.

Pemkab Berau juga berkomitmen dalam pemenuhan hak perempuan dan anak dimana mereka termasuk dalam kelompok rentan. “Sejatinya mereka juga memiliki peranan penting untuk menyukseskan program pembangunan di Kabupaten Berau,” katanya.

Untuk itu Bupati Berau mengajak segenap pemerintah kampung, kelompok perempuan lembaga masyarakat kampung, relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) serta forum anak untuk sama-sama bersinergi dalam pengorganisasian perempuan dan anak di kampung.

Terlebih dengan adanya 2 kampung yang sudah menjadi pilot project ditataran wilayah Kalimantan Timur. Yaitu kampung Labanan Jaya dan Labanan Makmur di kecamatan Teluk Bayur. Bupati Berau mengharapkan kedua kampung tersebut dapat menjadi percontohan agar lebih banyak lagi kampung ramah perempuan dan peduli anak di Kabupaten Berau.[ Prokopim ]

[ Surya ]

.. Oplus_131072[/caption]image-1954" src="http://jurnalkaltimtara.com/wp-content/uploads/2024/03/FB_IMG_1710296677631.jpg" alt="" width="720" height="720" />..
Oplus_131072
Oplus_131072
Oplus_0