Penerangan Jalan Umum Di Berau Akan Diperbanyak

banner 120x600

JURNAL KALTIMTARA.com-TANJUNG REDEB-Penerangan jalan umum (PJU) yang ada di Kabupaten Berau akan diperbanyak dan diperluas, sehingga dengan adanya PJU, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan dan angka kriminalitas yang terjadi.

Penegasan itu dikemukakan Bupati Berau Sri Juniarsih, setelah mendengar keluhan warga akan kurangnya PJU di Berau.

“Tahun ini Pemkab Berau akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp40 miliar khusus untuk PJU yang ada di Berau dan mencakup beberapa kecamatan yang ada,” kata Sri Juniarsih

Bupati Berau Sri Juniarsih, berjanji warga “Bumi Batiwakkal” tidak perlu risau lagi saat berkendara pada malam hari, baik untuk warga di kawasan perkotaan dan kecamatan terjauh, karena Pemkab Berau telah mengalokasikan anggaran senilai Rp40 miliar untuk pembangunan lampu penerangan jalan umum di seluruh wilayah Kabupaten Bearu.

“Itu memang target yang kami lakukan di luar 18 program prioritas,” ujar Sri Juniarsih.

Program PJU itu merupakan bagian dari langkah pemerintah dalam merealiasaikan salah satu agenda yang diusulkan oleh pemerintah kampung dalam setiap agenda Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kampung, kecamatan, hingga kabupaten.

“Ini aspirasi rakyat, harus kami realisasikan,” ujarnya.

Berangkat dari beberapa laporan, peningkatan kecelakaan di jalan raya diakibatkan tidak adanya penerangan yang dapat menunjukkan jalan secara baik ke pengendara sebagai pengguna jalan umum.

“Ini untuk keselamatan warga,” jelas Sri Juniarsih.

Bahkan lebih jauh lagi, dari sisi keamanan saat melintas, warga akan terbantukan dengan penerangan jalan yang baik, agar terhindar dari tindak pelaku kejahatan yang bisa saja setiap saat mengintai siapapun.

“Tentu ini meningkatkan keamanan warga dalam berkendara,” tegas Sri Juniarsih.

Ke depan, Bupati meminta kepada instansi terkait untuk segera merealisasikan program tersebut dan harus rampung sebelum akhir 2024 ini.

Sebab, anggarannya, telah disetujui DPRD Berau, sesuai program yang telah direncanakan Pemkab Berau.

“Semuanya itu adalah untuk keamanan dan peningkatan kesejahteraan warga Berau,” papar Sri Juniarsih.#

[ Surya ]

.. Oplus_131072[/caption]image-1954" src="http://jurnalkaltimtara.com/wp-content/uploads/2024/03/FB_IMG_1710296677631.jpg" alt="" width="720" height="720" />..
Oplus_131072
Oplus_131072
Oplus_0