Hetifah Suarakan Pariwisata Kaltim ke Menteri Sandiaga Uno

banner 120x600

JURNAL KALTIMTARA.com–Dalam rapat kerja hari ini (13/3/2024) di gedung parlemen Jakarta, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara pemangku kepentingan pariwisata untuk mengembangkan destinasi wisata unggulan di Kalimantan Timur, yang kini ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hetifah, yang juga merupakan anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Timur, berdialog dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI), Sandiaga Uno, mengenai penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata.

“Pelatihan untuk guide dan Liaison Officer (LO), serta pelatihan Bahasa Inggris dan Mandarin, harus menjadi fokus Kemenparekraf untuk meningkatkan kualitas layanan pariwisata,” ujar Hetifah.

Ia juga menyoroti perlunya perbaikan infrastruktur jalan untuk memastikan akses yang aman antar destinasi wisata, terutama di daerah-daerah seperti Kutai Timur, Bontang, dan Berau123.

Lebih lanjut, Hetifah menegaskan kebutuhan akan penambahan rute penerbangan ke berbagai daerah di Kalimantan Timur untuk mendukung IKN sebagai mitra strategis.

“Dengan adanya penerbangan langsung ke Berau dan Maratua, diharapkan dapat memudahkan akses dan meningkatkan kunjungan wisatawan dengan harga tiket yang terjangkau,” tambahnya4567.

Kemenparekraf RI dan Komisi X DPR RI saat ini sedang membahas realisasi program dan anggaran hingga akhir Desember 2023, serta penyampaian Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2024.

“Hal ini dilakukan sebagai persiapan pengawasan dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) TA 202489,” pungkasnya. #

[ Sumber ; berita kaltim]

.....