Peringati Hari Pahlawan, Bupati Ziarah ke Makam Pahlawan (TMP) Wijaya Di Jalan Sultan Agung

banner 120x600

JURNAL KALTIMTARA. Com-Berau-Peringatan Hari Pahlawan digelar Pemerintah Kabupaten Berau, Jumat (10/11). Rangkaian Hari Pahlawan ini dimulai dengan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Berau dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Wijaya di Jalan Sultan Agung.

Dalam peringatan Hari Pahlawan ini, seluruh masyarakat diajak untuk menjadi pahlawan bangsa. Sesuai dengan tema peringatan tahun ini ‘Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’.

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

Membacakan sambutan Menteri Sosial, Bupati Sri Juniarsih Mas menyampaikan, tantangan yang ada saat ini harus dilawan sesuai dengan semangat para pejuang terdahulu dalam memerangi penjajah. “Memang tidak muda tapi pasti kita bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” jelasnya.

Ditegaskan bahwa pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,”ujarnya.

Khusus di Kabupaten Berau, agar seluruh masyarakat dapat berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Kerja keras dalam membantu pemerintah mewujudkan pemerataan pembangunan merupakan salah satu wujud dalam meneruskan cita-cita pejuang bangsa.[Frokopim]

.. Oplus_131072[/caption]image-1954" src="http://jurnalkaltimtara.com/wp-content/uploads/2024/03/FB_IMG_1710296677631.jpg" alt="" width="720" height="720" />..
Oplus_131072
Oplus_131072
Oplus_0