Dinas PUPR-Pera Kaltim Buka Untuk Umum Jalan Tembus Eks Bandara Temindung

banner 120x600

JURNAL KALTIMTARA.com– Warga Samarinda kini bisa bernapas lega. Pasalnya, proyek pembangunan Jalan S Parman – Jalan Samanhudi yang menggunakan lahan eks Bandara Temindung, telah resmi dibuka pada Jum’at (02/02/2024). Proyek ini diharapkan bisa mengurai kemacetan dan memudahkan mobilitas masyarakat di kota terbesar di Kalimantan Timur ini.

Proyek yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Provinsi Kaltim ini, memiliki panjang 290 meter dan lebar 20 meter. Proyek ini menghubungkan Jalan S Parman yang merupakan salah satu jalan utama di Samarinda, dengan Jalan Samanhudi yang merupakan jalan alternatif menuju pusat kota.

“Proyek ini sudah selesai 100 persen, tinggal finishing di drainase dan trotoar saja. Kami berharap proyek ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Samarinda, khususnya dalam hal mengurangi kemacetan dan meningkatkan mobilitas,” kata Nana Yusuf, PPK Binamarga PUPR Provinsi Kaltim.

Yusuf menambahkan, proyek ini memakan biaya sekitar Rp 10 miliar, dan kontraknya sudah berjalan sejak 8 November 2023. Ia juga mengimbau kepada pengendara yang melewati jalan baru ini, untuk tetap berhati-hati dan tidak melaju dengan kecepatan tinggi.

“Karena akses jalan S Parman hanya tujuh meter, meski di sini sudah ada pelebaran sekitar 20 meter. Jadi pengendara tetap berhati-hati, jangan ngebut-ngebut. Kami juga akan memasang rambu-rambu lalu lintas di sini, agar lebih aman,” ujarnya.

Sementara itu, para pengendara yang sudah mencoba jalan baru ini, mengaku puas dengan proyek PUPR ini. Salah satunya adalah Asryad, seorang driver Gojek yang sering mendapat orderan di Samarinda.

“Alhamdulillah, jalan ini sudah dibuka. Jadi lebih cepat lewat sini kalau ada orderan. Lebih memangkas waktu juga. Karena biasanya mutar di jalan yang lain, macet-macetan. Sekarang jadi lebih lancar,” ungkap Asryad.

Proyek pembangunan Jalan S Parman – Jalan Samanhudi ini, merupakan salah satu dari beberapa proyek infrastruktur yang dilakukan oleh PUPR-Pera Provinsi Kaltim di Samarinda. Proyek lainnya adalah pembangunan Jembatan Mahakam Ulu, Jembatan Mahakam Hulu, dan Jembatan Mahakam Tengah.

Proyek-proyek ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Samarinda, serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di kota ini. #

Reporter : Surya

.. Oplus_131072[/caption]image-1954" src="http://jurnalkaltimtara.com/wp-content/uploads/2024/03/FB_IMG_1710296677631.jpg" alt="" width="720" height="720" />..
Oplus_131072
Oplus_131072
Oplus_0