Bhabinkamtibmas Tanjung Redeb Ikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dan Budidaya Maggot

banner 120x600

JURNAL KALTIMTARA.com-POLRES BERAU, TANJUNG REDEB – Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengoptimalkan pemanfaatan limbah organik, Bhabinkamtibmas Tanjung Redeb Aipda Siswanto, bersama dengan sejumlah masyarakat, mengikuti pelatihan pembuatan pupuk kompos dan budidaya maggot. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Berau, dan berlangsung di Kantor Lurah Tanjung Redeb, Rabu 6 Desember 2023.

Pelatihan ini merupakan langkah konkret dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan dan pengelolaan limbah yang lebih baik. Peserta didik dalam pelatihan ini dibimbing oleh Pengawas Lingkungan Hidup DLHK Berau, Irwadi Ahmad Siregar, yang membagikan pengetahuan dan keterampilannya dalam pengelolaan limbah organik.

Hadir dalam kegiatan ini, Lurah Tanjung Redeb, Wahyu Susilo, menunjukkan dukungannya terhadap upaya perlindungan lingkungan. Sertu Abdul Aziz, Babinsa Tanjung Redeb, juga turut serta dalam pelatihan ini sebagai bentuk keterlibatannya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di wilayahnya.

Tidak hanya diikuti oleh aparat pemerintahan dan keamanan, pelatihan ini juga dihadiri oleh LPM Kelurahan Tanjung Redeb, PKK, praktisi maggot dari Stiper Berau, serta peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Hal ini menunjukkan kesadaran bersama untuk berkolaborasi dalam mendukung program keberlanjutan lingkungan.

Dalam sesi pelatihan, Irwadi Ahmad Siregar menjelaskan secara rinci tentang teknik pembuatan pupuk kompos dan proses budidaya maggot. Peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai manfaat dari kedua teknik tersebut, baik untuk lingkungan maupun keberlanjutan sumber daya alam.

Lurah Tanjung Redeb, Wahyu Susilo, menyampaikan harapannya bahwa melalui pelatihan ini, masyarakat akan semakin teredukasi mengenai pentingnya pengelolaan limbah secara bijaksana.

“Kami berharap agar ilmu yang didapat dalam pelatihan ini dapat diimplementasikan oleh peserta di masyarakat sekitar, sehingga dapat berdampak positif pada lingkungan hidup kita,” ujarnya.

Selain sebagai upaya dalam pengelolaan limbah, pelatihan ini diharapkan juga dapat menjadi langkah awal menuju gaya hidup berkelanjutan bagi masyarakat Tanjung Redeb. Dengan dukungan semua pihak, diharapkan program-program sejenis dapat terus dikembangkan untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan di Kabupaten Berau.

HUMAS POLRES BERAU

[ Sur ]

.. Oplus_131072[/caption]image-1954" src="http://jurnalkaltimtara.com/wp-content/uploads/2024/03/FB_IMG_1710296677631.jpg" alt="" width="720" height="720" />..
Oplus_131072
Oplus_131072
Oplus_0