Kemeriahan Acara Mag Lami-lami Lahatku Di Tanjung Batu Bertujuan Mempertahankan Kebudayaan dan Menarik Wisatawan

banner 120x600

JURNAL KALTIMTARA.com-Berau,Tanjung Batu-Festival Nunu’ Daing atau bakar ikan ramaikan acara Mag Lami-lami Lahatku di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan pada Rabu (29/11) siang. Mewakili Bupati Berau, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik Hukum dan Kesejahteraan, Warji membuka acara yang berlangsung meriah tersebut.

Mag lami-lami lahatku atau yang dalam bahasa Bajau artinya beramai-ramai di kampung ku, diadakan setiap tahunnya dengan tujuan untuk menarik wisatawan dan mempertahankan kebudayaan. Tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kesenian oleh seniman lokal, Nunu’ Daing (Bakar Ikan), lomba mancing dan pameran kuliner dan UMKM.

Pada festival Nunu’ Daing, warga masyarakat dan pengunjung dapat mencicipi berbagai panganan khas Bajau yang dihidangkan pada masing-masing stand. Selain tentu saja ikan bakar dan seafood lainnya. Hal ini tentu cukup menarik bagi wisatawan.

Oleh sebab itu, Kegiatan tahunan ini rutin digelar untuk mengenalkan secara luas adat istiadat serta budaya suku Bajau seperti disampaikan Camat Pulau Derawan, Samsuddin. “Tidak hanya warga lokal namun hingga nasional dan mancanegara dapat mengenal budaya kita melalui event ini”, jelasnya.

Sementara itu, Warji, sangat mengapresiasi event yang digelar kali ini yang berlangsung semarak. Ia mengahrapkan agar dapat mempersiapkan setiap gelaran dengan baik dan matang. “Sebisa mungkin kita upayakan tempat ini bersih dan nyaman. Dan kita sambut para wisatawan dengan keramahan”, katanya.

Selain itu, Warji juga mengharapkan melalui event ini dapat menjadikan Tanjung Batu sebagai pintu gerbang wisata bahari batiwakkal yang tidak hanya menyuguhkan wisata alamnya melainkan juga kesenian serta adat istiadat setempat yang dapat menarik lebih banyak lagi kunjungan dari wisatawan hingga mancanegara. Guna menambah pemasukan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. (DT/Prokopim)

[ Nur Dea ]

..
Oplus_0
Oplus_0