Kapolres Berau: Patroli Dialogis Satgas Preventif, Jamin Keamanan dan Netralitas Pemilu 2024

banner 120x600

JURNAL KALTIMTARA.com,POLRES BERAU,TANJUNG REDEB – Kepolisian Resor (Polres) Berau melalui Satuan Tugas (Satgas) Preventif Operasi Mantab Brata Mahakam 2023-2024 terus melakukan upaya preventif dalam rangka pengamanan Pemilu 2024. Pada Rabu 22 November 2023, Satgas melaksanakan patroli dialogis dengan sasaran utama yaitu kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Apa yang kami lakukan hari ini adalah patroli dialogis, fokusnya adalah KPU dan Bawaslu. Kami ingin memastikan bahwa Polri siap mengamankan pelaksanaan Pemilu tahun 2024,” kata Kapolres Berau, AKBP Steyven Jonly Manopo.

Patroli dialogis ini memiliki beberapa tujuan utama, di antaranya adalah memastikan keamanan masyarakat yang hendak menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Kapolres menjelaskan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia harus bersikap netral dalam menghadapi Pemilu.

“Kami ingin memastikan agar masyarakat dapat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan aman dan nyaman untuk menggunakan hak pilihnya sesuai yang dijamin oleh undang-undang,” tambahnya.
Kapolres Manopo menekankan bahwa dalam pengamanan Pemilu 2024 ini, Polres Berau masuk dalam Sentra Gakkumdu yang terdiri dari kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu.

Kegiatan pengamanan Pemilu 2024 ini juga melibatkan anggota kepolisian dari berbagai fungsi, termasuk anggota yang ditempatkan di KPU, Bawaslu, dan TPS. Jumlah personel yang disiapkan mencapai dua pertiga dari total personel di Polres Berau, yang akan dibagi sesuai dengan tingkat kerawanan di masing-masing TPS.

“Saat ini, situasi masih kondusif. Kegiatan patroli seperti ini sangat penting untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukum Polres Berau. Kami berterima kasih pada masyarakat yang telah memahami pentingnya keamanan menjelang Pemilu dan menunjukkan tingkat kesadaran yang tinggi di Berau,” tutup Kapolres.

“HUMAS POLRES BERAU”

[ ENY ]

..
Oplus_0
Oplus_0